Sabtu, 11 Juni 2016

Membuat Rekap Pesangon Karyawan

Kali ini ane akan sedikit menjelaskan bagaimana cara merekap data pesangon karyawan dengan menggunakan microsoft excel. Pertama-tama kita harus membuat dahulu data awal seperti dibawah ini,



Nah untuk mengisi kolom kolom yang kosong tersebut, saya akan memberikan cara step by step. yang pertama adalah mengisi kolom lama kerja
  
Untuk rumusnya adalah =IF(2004-YEAR(D5)>1;2004-YEAR(D5);0)&" Tahun"
Kedua adalah mengisi kolom gaji pokok

 Untuk rumusnya adalah =VLOOKUP(E5;$A$22:$B$25;2;0)
Ketiga adalah mengisi kolom dari pesangon
Untuk rumusnya adalah =VLOOKUP(E5;$A$22:$G$25;3)*G5
Pada kolom keempat mengenai uang jasa
Rumusnya adalah =IF(H5>=15;VLOOKUP(E5;$A$22:$G$25;7);0)*G5
Pada kolom terakhir mengenai pesangon + uang jasa
untuk rumusnya kita hanya menjumlahkan saja kolom ke 3 dan kolom ke 4
=H5+I5 atau bisa juga dengan
=SUM(H5:I5)

Oke itu adalah langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk membuat rekapanpesangon karyawan dengan menggunakan microsoft excel. Semoga bermanfaat buat kita semua.

1 komentar:

  1. Mengenai tulisan ini saya share dikarenakan tugas salah satu mata kuliah saya di Universitas Mercubuana untuk membuat suatu blog pribadi dengan mengupload beberapa tugas selama 1 semester ini. Dengan adanya tugas ini saya bisa memberi ilmu untuk dunia maya yang membutuhkan dan saya bsa sedikit belajar untuk membuat blog pribadi saya dan menshare suatu hal yang penting.

    Dengan tugas tugas yang diberikan oleh dosen ini, saya bisa lebih bnyak belajar walaupun dengan cara belajar e-learning. dan untuk e-learning sendiri sangat mempermudah saya pribadi dalam mengatur waktu kerja dengan kuliah dan tugsa yang diberikan oleh setiap mata kuliah

    BalasHapus